Peduli Donggala-Palu, SIGAB PERSIS KBB Galang Dana

PADALARANG, BBPOS – Puluhan anggota Siaga Bencana Persatuan Islam (SIGAB) Kabupaten Bandung Barat menggelar aksi pengumpulan dana untuk meringankan beban korban bencana alam gempa dan tsunami yang terjadi di Palu, Donggala, Sigi dan Parigi moutong Sulawesi Tengah beberapa waktu lalu. Aksi solidaritas tersebut dilakukan didepan gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bandung Barat, Jalan Raya Padalarang, Jumat (5/10/2018).

Menurut Ketua Sigab Persis Bandung Barat ,Ode mengatakan, kegiatan yang berlangsung sejak hari minggu lalu, melibatkan beberapa elemen organisasi dibawah Pimpinan Daerah Persatuan Islam (PD Persis) Kabupaten Bandung Barat dan Otonom yaitu Pemuda Persis, Pemudi Persis, Persistri, Hima Persis, Himi Persis dan Ikatan Pelajar Putera Puteri Persis yang dikoordinir oleh Sigap Persis saat berada dilapangan.

“Penggalangan dana ini bertema Peduli Untuk Negeri sebagai bentuk kepedulian kami kepada sesama saudara,”ujarnya.

Ia menambahkan, kegiatan penggalangan dana ini bukan yang pertama kali dilaksanakan, sebelumnya Sigab Persis Bandung Barat telah melakukan kegiatan yang sama untuk membantu para korban gempa yang terjadi di Lombok. Kegiatan yang bertajuk “Peduli Untuk Negeri” bagi para korban bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah tersebut akan terus dilaksanakan sampai akhir oktober. Pasalnya, antusiasme masyarakat Bandung Barat dalam meringankan beban penderitaan para korban sangat tinggi.

“Alhamdulillah kemarin sudah di salurkan sabanyak 10 juta rupiah melalui Pusat Zakat Umat (PZU) Persis yang dikirim dari unit ke pusat, dan untuk kedepannya akan dikirim lagi,” tambahnya.

Ode menjelaskan, relawan Sigap tidak hanya berperan aktif dalam pengumpulan dana saja, namun sudah ada relawan yang diberangkatkan ke Sulawesi Tengah untuk membantu evakuasi para korban dan proses pemulihan korban pasca bencana.

“Lima orang relawan Sigab Persis Bandung Barat telah berangkat ke Sulawesi Tengah untuk mebantu evakuasi dan assasmen bersama relawan lain yang tergabung dalam relawan Jawa Barat,” jelasnya.

Namun Demikian, Ode mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh anggotanya yang tanpa lelah terus melaksanakan penggalangan dana tersebut untuk para saudara sebangsa yang terkena musibah. Lebih lanjut ia mengatakan, akan menambah relawan yang akan diperbantukan dalam proses pemulihan pasca bencana.

“Kita akan tambah terus relawan kesana untuk membantu proses pemulihan, dan saya ucapkan terima kasih atas sumbangan yang sudah diberikan,”pungkasnya. (Dra)