SMPN 1 Lembang Jaga keasrian Sekolah di Musim Kemarau

Sejumlah Siswa Terlihat Menyirami Tanaman di Lingkungan Sekolah Dengan Menggunakan Botol Air Mineral Bekas Yang dibawa Dari Rumah. (1/10/2018)

Lembang, BBPOS – Mengantisipasi rusaknya tanaman akibat musim kemarau yang belum kunjung usai, SMPN 1 Lembang meluncurkan kembali kegiatan Gerakan Siram Tanaman (GESIT) dengan melibatkan seluruh warga sekolah mulai dari siswa, guru, dan tenaga kependidikan untuk menyirami seluruh tanaman yang berada dilingkungan sekolah setiap pagi. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya menjaga keasrian lingkungan sekolah yang diharapkan memberikan kenyamanan dalam proses pembelajaran.

Menurut Kepala Sekolah SMPN 1 Lembang, Endang Supriatna mengatakan, GESIT merupakan kegiatan tahunan SMPN 1 Lembang dalam memelihara keasrian sekolah ketika menghadapi musim kemarau. Pasalnya, sekolah yang ia pimpin dikenal luas sebagai sekolah yang asri dan hijau.Oleh karena itu, seluruh warga sekolah mempunyai tanggung jawab yang sama dalam upaya mempertahankan keasrian dan hijaunya lingkungan sekolah.

“Kami berinisiatif meluncurkan program GESIT sebagai upaya menjaga keasrian sekolah dimusim kemarau, dengan melibatkan seluruh warga sekolah terhitung sejak 1 oktober 2018,” ujar Endang, kepada BBPOS, di ruang kerjanya, senin (01/10/2018).

Endang menjelaskan, setiap warga sekolah wajib membawa botol mineral bekas 500 ml dari rumahnya masing-masing yang diisi kembali air untuk disiramkan ketanaman yang berada disekitar lingkungan sekolah setiap hari. Kegiatan GESIT dilakukan usai upacara bendera setiap hari senin kemudian dihari berikutnya yaitu selasa sampai sabtu penyiraman dilakukan seusai tadarus Al-quran dan Gerakan Literasi Sekolah (GLS).

“Kegiatan ini sejalan dengan pendidikan penguatan karakter di sekolah kami dengan menanamkan rasa tanggung jawab terhadap lingkungan kepada anak didik, jika ada yang tidak membawa air kesekolah maka keesokan harinya harus membawa 2 botol air,” jelasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Bidang SMP Kabupaten Bandung Barat, Dadang A Supardan mengatakan, kegiatan GESIT yang dilakukan oleh SMPN 1 Lembang sangat tepat, selain memelihara keasrian lingkungan juga memberikan pendidikan yang baik kepada seluruh warga sekolah tentang arti tanggung jawab.

“Saya mengapresiasi kegiatan GESIT yang dilakukan oleh SMPN 1 Lembang dan itu merupakan kebijakan tepat dalam menghadapi musim kemarau yang panjang ini,” sanjung Dadang. ***