Pengelola PAUD Perlu Dorong Sinergitas Tripusat Pendidikan

Kepala Dinas Pendidikan Imam Santoso

Lembang, BBPOS – Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) jangan hanya sebatas seremonial tahunan saja, namun mampu meningkatkan kesadaran semua elemen yang termasuk pada tripusat pendidikan yaitu para orang tua,masyarakat, dan satuan pendidikan untuk lebih berperan aktif dalam keberlangsungan pendidikan kepada anak usia dini. Demikian ungkap Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Barat, Iman Santoso M.R, dihadapan para peserta Peringatan Hari Anak Nasional Tingkat Kabupaten Bandung Barat di Abadi Hash Lembang, selasa (25/9/2018).

Menurutnya, dengan mengusung tema gesit,empati,berani dan unggul (GENIUS) dapat membangkitkan sinergitas antara semua lini yang termasuk dalam tripusat pendidikan untuk menyukseskan kebijakan yang dikeluarkan oleh satuan pendidikan dengan dukungan penuh dari elemen lainnya yaitu orang tua dan masyarakat terhadap pendidikan anak yang tengah dalam masa bertumbuh dan berkembang.

“Peringatan Hari Anak Nasional ini harus dimanfaatkan sebagai momen penting tentang tanggung jawab pendidikan terutama Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD),”ujarnya.

Ia menambahkan, fenomena hari ini baik orang tua maupun masyarakat lebih memprioritaskan peran satuan pendidikan dalam memberikan pendidikan kepada anak anak padahal peran elemen lain yang termasuk dalam tripusat pendidikan mempunyai tanggung jawab yang sama. Lebih Lanjut Iman mengatakan, jika sinergitas mampu terbentuk maka tujuan utama pendidikan yaitu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, bermoral, berbudi pekerti, berharkat, bermartabat, bisa tercapai. Sehingga mempunyai kemampuan potensial yang dapat menjadi modal dalam membangun bangsa dan negara Indonesia.

“Sinergitas diantara tripusat pendidikan menjadi dasar keberlangsungan pendidikan yang mengarah kepada tujuannya,” jelasnya. ( Dsr)