Warga Lembang Siapkan Satgas OTT Anti Sampah

Sejumlah warga terlihat memasang spanduk di beberapa tempat pembuangan sampah liar. Rabu (19/9/2018)

Lembang, BBPOS – Sejumlah warga yang geram oleh perilaku kotor pembuang sampah liar di sepanjang Jalan Raya Lembang, membentangkan spanduk berisikan himbauan dan peringatan untuk mencegah perbuatan tidak terpuji tersebut terus terulang. Pasalnya, kawasan Lembang yang dikenal masyarakat sebagai salah satu daerah destinasi wisata harus selalu terlihat bersih dan asri untuk kenyamanan pengunjung yang datang.

Menurut salah satu tokoh masyarakat Lembang, Suherman mengatakan, warga kecamatan Lembang sengaja memasang spanduk di beberapa tempat yang menjadi lokasi pembuangan sampah liar dengan bertuliskan “Masyarakat Lembang Siap Perangi Pelaku Pembuang Sampah Liar, SATGAS OTT Pembuang Sampah Liar Siap Bertindak”. Hal tesebut dilakukan sebagai upaya untuk mensosialisakan betapa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

“Spanduk tersebut sebagai langkah awal dalam mensosialisasikan cinta kebersihan lingkungan,”Katanya, Rabu (19/9/2018).

Ia menambahkan, sebagai daerah tujuan berwisata bagi wisatawan lokal maupun asing, kebersihan wilayah lembang memang harus selalu diprioritaskan untuk menjamin kenyamanan kepada para pengunjung yang datang.

“Semoga dengan OTT pembuang sampah, siapapun itu menjadi sadar akan pentingnya menjaga kebersihan karena kebiasaan buruk mereka bisa merusak keindahan lembang,” tambahnya.

Sementara itu, salah satu warga lembang, Aisyah mengatakan, setelah melihat spanduk himbauan tersebut dirinya berharap para pelaku bisa menyadari perilakunya selama ini memang tidak benar. Selain itu, ia mengimbau kepada pemerintah agar menindak tegas para pelaku yang merusak keindahan lingkungan dengan ancaman hukuman yang membuat jera dan berpikir ulang untuk membuang sampah ditempat yang bukan semestinya.

“Semoga pemerintah terus mendukung gerakan mencintai lingkungan seperti ini dan kepada warga Lembang khususnya dan pada masyarkat luas umumnya untuk terus menjaga keindahan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan,” harapnya. ***