Beban Tugas Sekda Baru, Reformasi Birokrasi “Wajib” Dikbb

Gunawan Rasyid

Batujajar, BBPOS – Open bidding jabatan Sekretaris daerah (Sekda) Kabupaten Bandung Barat menyisakan 6 orang kandidat. Dari jumlah tersebut jika nantinya sudah terpilih menjadi Sekda definitif harus mempunyai integeritas tinggi dan mampu mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah daerah pasca operasi Tangkap tangan (OTT) beberapa waktu lalu. Demikian ungkap politisi Partai Golkar, Gunawan Rasyid kepada BBPOS, Kamis (6/9/2018).

Menurutnya, dari keenam kandidat tersebut yakni Kepala Dinas Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Asep Sodikin, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBP3A) Asep Wahyu FS, Staf Ahli Pemda KBB Asep Sehabuddin, Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman KBB Rachmat Adang Syafaat, Plt Kadisperindag Maman Sulaeman dan Asda III KBB Agustina Priyanti, harus mampu menjadi bagian dari agen perubahan birokrasi di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung Barat untuk mewujudkan konsep reformasi birokrasi yang diusung oleh Bupati terpilih AA Umbara Sutisna.

“Sekda definitif nantinya harus mampu membawa Bandung Barat kearah yang lebih baik,”ujar politisi yang akrab disapa Guras tersebut.

Sementara itu, Guras juga menyampaikan agar Pansel tetap melakukan komunikasi dan diskusi bersama bupati terpilih mengenai kriteria Sekda yang ideal serta membuka ruang diskusi kepada masyarakat agar penilaian lebih objektif.

“Pansel harus tetap fokus dan tidak melakukan seleksi dengan pendekatan lama yaitu karena dekat, karena duit, karena titipan baru dipilih,”tegasnya.

Guras berharap, Sekda definitif nantinya memiliki integritas dan moralitas yang tinggi agar mampu menjaga kinerja dan nama baik Pemerintah Kabupaten Bandung Barat serta mempunyai chemistri dengan Bupati terpilih AA Umbara dalam menjalankan roda pemerintahan demi kesejahteraan masyarakat Bandung Barat.

“Saya berharap Sekda terpilih nanti mempunyai Integeritas dan moralitas tinggi serta ditunjang oleh kompetensi,”pungkasnya.(dry)