DLH Kbb Miliki 3 Truk Sampah Dengan Teknologi Terbaru

Pj Bupati Bandung Barat terlihat menaiki truk sampah DLH terbaru didampingi Kepala DInas Lingkungan Hidup Kbb, senin (3/9/2018). Foto: BBPOS/ hendri

Ngamprah,BBPOS – Pj Bupati Bandung Barat Dadang M Ma’soem menyerahkan secara simbolis tiga unit truk sampah kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung Barat sebagai upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat dengan melakukan peremajaan kendaraan operasional. Penyerahan simbolis tersebut langsung diberikan kepada supir yang akan menggunakannya, di Lapangan Upacara Komplek Pemda KBB, Senin (3/9/2018).

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung Barat, Apung Hadiat Purwoko mengatakan, salah satu keunggulan yang terdapat diketiga truk baru tersebut adalah dengan dilengkapi oleh tabung penampungan air lindi agar lebih ramah terhadap lingkungan dan tidak mengganggu kenyamanan pengguna jalan maupun masyarakat yang dilalui oleh truk sampah Dinas Lingkungan Hidup KBB. Ia menjelaskan, Armada baru tersebut dibiayai oleh APBD murni KBB tahun 2018 sebesar 1,2 milyar rupiah atau 400 juta rupiah per unit.

“Armada baru ini merupakan peremajaan dari armada yang sudah ada, mengingat 3 unit armada kami dinilai sudah tidak layak digunakan lagi. Jadi armada yang lama akan tetap diperbaiki sebagai armada cadangan bila ada masalah pada armada lain, ” ujarnya

Sementara itu, Pj Bupati Bandung Barat, Dadang M Ma’soem mengatakan, peremajaan kendaraan operaional Dinas lingkungan Hidup KBB idealnya dilakukan setiap 5 tahun sekali. Pasalnya, untuk menghasilkan pelayanan yang prima kepada masyarakat harus ditunjang dengan fasilitas yang memadai karena dampaknya akan langsung dirasakan oleh masyarakat.

“Idealnya peremajaan dilakukan setiap 5 tahun sekali karena akan meminimalisir biaya maintenance (perawatan,red) dan perbaikan. Selain itu meminimalisir angka kecelakaan karena kendaraan yang tidak layak pakai serta mengurangi tingkat polusi udara,”ujarnya.

Ia menambahkkan, kendati penambahan 3 armada truk baru tesebut masih dirasa kurang memadai karena harus disesuaikan dengan kemampuan anggaran Pemda yang ada. namun demikian, Dadang berharap ditambahknya armada baru tersebut mampu mendongkrak kinerja pelayanan kepada masyarakat.

“ini merupakan skala prioritas pemerintah agar pelayan kepada masyarakat optimal dan prima,”harapnya. **