Menteri Pariwisata Disambut Aksi Unjuk Rasa

Cikole,BBPOS – Puluhan warga Cikole yang tergabung dalam Forum Peduli Bandung Utara (FORBAT) menyambut kedatangan Menteri Pariwisata, Arief Yahya dengan menggelar aksi unjuk rasa di depan pintu masuk objek wisata Orchid Forest di Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Jumat (24/8/2018).

Dalam aksi tersebut massa menuntut pemerintah agar bisa mengawasi dan melindungi kawasan hutan lindung yang berada dalam pengelolaan PERHUTANI dari kerusakan yang diakibatkan oleh pemanfaatan hasil hutan berlebihan hingga menyebabkan banyak pohon yang tumbang serta pemadatan tanah yang dilakukan pengusaha objek wisata yang menyebabkan fungsi resapan air berkurang.

“Penyadapan getah pinus mengakibatkan 300 pohon pinus tumbang setiap tahun,”demikian ungkap Ketua FORBAT, Suherman kepada BBPOS disela-sela aksi.

Ia menambahkan, FORBAT tidak akan mengganggu pihak manapun dalam memanfaatkan potensi alam yang ada di kawasan Bandung Utara baik untuk pariwisata maupun pemanfaatan sumber daya alamnya. Namun Suherman menegaskan,kepada semua pihak yang terlibat agar mentaati peraturan yang berlaku.

“semua pihak harus menegakan Peraturan Daerah (PERDA) Provinsi Jawa Barat No 2 Tahun 2016 tentang Pedoman Pengendalian Pemanfaatan Ruang Kawasan Bandung Utara Sebagai Kawasan Strategis jawa Barat,” tambahnya.

Sementara itu, Suherman menghimbau kepada pemerintah agar secepatnya melaksanakan rehabilitasi hutan yang gundul. Pasalnya, hutan yang berada di Kawasan Bandung Utara kondisinya mulai memprihatinkan.

“Kami mendorong Menteri Kehutanan dan PERHUTANI agar secepatnya merealisasikan rencana rahabilitasi hutan, karena jika hutan kita rusak maka bencana alam pun menanti, ” pungkasnya.(red)