Ini Dia Pembawa Baki Bendera Pusaka, Chalda Bhakti Jelika

Chalda Bhakti Jelika Siswi SMAN 1 Batujajar, Yang di Percaya membawa baki tempat Sang Saka Merah Putih. BBPOS/ H. Hidayat

NGAMPRAH BBPOS- Chalda Bhakti Jelika tidak pernah menyangka sama sekali akan mendapat kesempatan paling bersejarah dalam hidupnya, menjadi pembawa baki bendera duplikat Sang Saka Merah Putih di upacara peringatan HUT RI ke-73 di lapangan Mekarsari Pemda KBB, jumat (17/8/2018).

Selain dalam rangka menghormati perjuangan para pahlawan, upacara hari kemerdekaan pun menjadi ajang tampilnya putra putri terbaik kabupaten Bandung Barat dalam mengemban tugas mengibarkan bendera merah putih.

Chalda Bhakti Jelita merupakan anggota (PASKIBRAKA) perwalikan dari kecamatan Batujajar yang tercatat sebagai siswi di SMAN 1 Batujajar.

“Awalnya deg-degan, tapi tetap fokus konsentrasi. Alhamdulilah semuanya lancar sampai penurunan bendera”. ucap chalda saat di temui BBPOS

Tiga Orang Berperan Penting

Dalam pasukan pengibar bendera pusaka (PASKIBRAKA), tiga orang yang berperan penting dalam kesuksesan mengibarkan bendera adalah pengeret, pembentang dan komandan kelompok (DANPOK). Betapa tidak, baik peserta upacara maupun masyarakat matanya tertuju pada ketiga petugas tersebut yang bertugas menaikan bendera sampai pada tiang tertinggi. Perlu konsentrasi tinggi dan latihan tekun untuk meminimalisir kesalahan tehnis.

Hal tersebut diungkapkan oleh salah satu petugas PASKIBRA yang bertugas sebagai pembentang bendera merah putih, M.A faisal siswa asal SMKN 1 cihampelas.
Menurutnya, resiko bendera terbalik saat dibentangkan merupakan ketakutan yang dirasakan semua anggota PASKIBRA termasuk dua rekannya yang bertugas sebagai pengeret bendera yaitu Jujun Mulyana dan Hafidzh Akhmad sebagai komandan kelompok (DANPOK) keduanya berasal dari SMAN 1 cisarua.

“Alhamdulillah kegiatan hari ini berjalan lancar sesuai dengan apa yang kami (PASKIBRA, red) harapkan, ” katanya.

Senada dengan apa yang diutarakan Faisal, Komandan Kelompok (DANPOK) Hafidzh Akhmad mengatakan, semua berkat kerja keras semua anggota dengan tanpa rasa lelah terus berlatih dan mengikuti apa yang diintruksikan oleh pelatih.

Namun demikian, Hafidz mewakili anggota yang lain sangat berterima kasih kepada seluruh jajaran pelatih dan khususnya kepada Pejabat Bupati Bandung Barat  Dadang Mohammad Ma’soem Yang telah mendukung dan meberikan kepercayaan penuh.

“saya sangat berterimah kasih atas semua doa dan dukungannya terutama kepada bapa bupati Bandung Barat yang telah memberikan kepercayaan kepada kami,” pungkasnya. (Dry/Dra)