Keindahan Air Terjun Curug Malela Masih Perlu Dukungan Pemerintah

RONGGA BBPOS – KENDATI harus melakukan perjalanan yang cukup melelahkan menuju salah satu kawasan objek wisata yang berada di Kabupaten Bandung Barat ini, antusiasme Penjabat Bupati Bandung Barat, Dadang M. Ma’soem beserta rombongan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) KBB terlihat sangat tinggi.

Betapa tidak, sesampainya di tempat tujuan rombongan langsung disambut indahnya suasana pedesaan yang diiiringi oleh suara gemuruh dan gemercik air terjun Curug Malela.Objek wisata yang menyuguhkan keindahan alam ini berada tepat di Desa Cicadas Kecamatan Rongga Kabupaten Bandung Barat.

Menurut Dadang, sepanjang perjalanan dirinya tidak henti-henti menyaksikan keindahan alam sekitar curug. Pepohonan yang masih rindang dan udara yang cukup sejuk menambah betah berada berlama-lama di Curug Malela bahkan ia menyebut curug malela sebagai little niagara indonesia.

Ia menjelaskan, ketika berkunjung kesalah satu tempat air terjun di Cina kondisi pemandangan dan tempatnya lebih kecil jika dibandingkan dengan curug malela yang mempunyai tinggi kurang lebih 70 meter dan panjang 50 meter tersebut.

“saya pergi ke Cina ternyata kondisinya lebih indah curug malela,” ujarnya kepada BBPOS di lokasi, Jumat (10/8).

Ia menambahkan, keberadaan curug malela diwiliyah KBB merupakan aset daerah dalam bidang pariwisata yang harus jadi perhatian terutama dari segi insprastruktur yaitu jalan menuju lokasi wisata agar pengunjung lebih mudah dan nyaman selama perjalanan.

Selanjutnya, masih menurut Dadang, tangga untuk menuju curug malela harus ditata ulang agar tidak menyulitkan dan aman bagi pengunjung.

“Perlu waktu untuk menata kembali lokasi Curug malela karena merupakan aset pariwisata yang harus dikembangkan” tambahnya mengakhiri perbincangan bersama BBPOS. **