Jelang Idul Adha, Disnak KBB Gelar Sosialisasi Pemotongan Hewan Kurban

LEMBANG BBPOS- Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bandung Barat (KBB), menggelar kegiatan sosialisasi seleksi dan tata cara pemotongan hewan kurban dengan mangangkat tema. “Pilihlah Hewan Qurban yang Sehat dan Layak Untuk Mewujudkan Produk Pangan Asal Hewan Yang Halal,Aman,Utuh, Sehat (HAUS) ”. Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh 60 perwakilan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM), Penyuluh Agama serta ibu PKK Se KBB yang bertempat di Hotel Lembang Asri, selasa (7/8).

Menurut kepala dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten bandung Barat, Ir.Undang Husni Tamrin M.Si mengatakan, dengan diadakannya kegiatan sosialisasi ini, masyarakat mendapatkan pengetahuan tambahan tentang tatacara menangani hewan kurban yang baik.

“Kegiatan ini diharapkan bisa mengedukasi DKM mengenai tata cara penanganan ,pemotongan sampai pada tahap pengemasan,” ujar Undang.

Sementara itu, Asep Dini memberikan simulasi merobohkan hewan kurban dengan dua cara yaitu cara pertama metode Rope dan cara yang kedua yaitu Burley.

“Rope yaitu merobohkan dengan mengikat badan sapi oleh tali dengan tiga simpul yang diikatkan kesisi badan lalu ditarik kebelakang sehingga sapi berbaring, selanjutnya cara kedua yaitu Burley hampir sama dengan cara yang pertama, namun metode ini tali diikatkan keatas leher sapi lalu ditarik kebelakang hingga roboh”, ujar Asep di depan peserta kegiatan sosialisasi.

Menurut salah seorang peserta asal Kecamatan Cililin Dede mengatakan, dengan diadakannya kegiatan sosialisasi tersebut menambah pengetahuan bagi dirinya yang bisa dibagikan ke warga yang lain di sekitar tempat tinggalnya tentang tatacara penanganan hewan kurban sampai kepengemasan.
“dengan adanya kegiatan ini, saya bisa memberikan ilmu penanganan hewan kurban ke warga yang lain,” ujar Dede. (Dri)